Minggu, 01 Maret 2015

[Example] Pidato Bahasa Indonesia - Bahaya Minuman Bersoda

Ini merupakan contoh pidato untuk ujian praktek saya tugas Bahasa Indonesia saya. Kali ini, saya mencoba untuk memilih tema kesehatan, lebih tepatnya bahaya minuman bersoda. Langsung disimak aja, deh pidatonya.


Asalamualaikum warohmatuwlohi wabarokatuh.
Selamat siang. Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita nikmat sehat sehingga kita dapat berkumpul di kelas 9G ini.

Yang saya hormati, Bapak Suhanda selaku guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kota Serang dan teman-teman yang saya sayangi.

            Terima kasih untuk kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Meskipun saya bukan dokter atau ahli gizi, saya hanya ingin mengingatkan bahwa kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati saat memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.

            Bagi Anda pecinta minuman ringan atau minuman bersoda, kenyataan yang satu ini bisa membuat Anda membenci minuman nikmat yang satu ini. Sekarang ini, banyak sekali minuman ringan yang beredar dipasaran. Mereka hadir dalam kemasan, warna, rasa, dan merk yang berbeda. Namun, tahukah Anda jika minuman menarik ini hampir tidak mempunyai sisi positif untuk kesehatan kita? Soda, dalam minuman ringan, tidak mempunyai sedikitpun nilai gizi atau nutrisi. Semua yang terkandung di dalamnya hanyalah gula, kafein, dan kalori dalam jumlah yang berlebih.

            Perlu kita ketahui bahwa soda dalam minuman ringan akan meningkatkan produksi urin dan membuat kita sering buang air kecil. Jika hal ini tidak diimbangi dengan menkonsumsi banyak air putih, kita akan mengalami dehidrasi. Minuman soda yang mengandung asam fosfor ini memang akan mengahsilkan sensasi segar saat kita meminumnya. Akan tertapi, gelembung-gelembung udara yang ada di dalamnya, semakin lama akan menggerogoti tulang sehingga menjadi rapuh. Pada tulang, akan terbentuk lubang pori-pori yang akan mengakibatkan kita terserang radang sendi atau osteoporosis. Selain itu, kandungan asam soda yang ada di dalamnya juga akan merusak gigi kita. Asam soda dan kadar gula yang tinggi akan merusak email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

            Jika Anda pernah merasakan bergas dan mulas atau masalah percernaan lain, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah minuman soda yang Anda minum. Hal ini dikarenakan minuman soda bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung. Di samping itu, kandungan natrium yang ada pada soda juga tidak baik untuk kesehatan jantung kita. Bukti penelitian juga menunjukkan bahwa soda bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Efek kafein yang ada di dalamnya juga akan menimbulkan masalah insomnia, detak jantung yang tidak beraturan, dan tekanan darah tinggi. Bagi ibu hamil, soda bahkan bisa membunuh janin yang dikandung.

            Saat kita tahu ternyata soda itu berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya kita berusaha mengurangi atau tidak mengkonsumsi soda sama sekali. Hal ini mungkin sulit, tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Kita bisa mengurangi konsumsi soda secara bertahap. Jika kita ingin meminum soda, campurkan banyak es batu di dalamnya, sehingga kadar soda akan berkurang. Dengan cara ini, jumlah air yang kita minum lebih banyak daripada soda. Selain itu, kita bisa mengganti minuman soda dengan minuman sehat lainnya, seperti jus buah, susu, atau air putih.

            Di samping segala dampak negatif dari minuman bersoda, ternyata soda juga memiliki manfaat yang cukup mengejutkan. Di antaranya yaitu soda dapat membantu membersihkan karat atau jendela, menghilangkan noda darah, menyuburkan rumput, dan membantu melepaskan permen karet yang menempel pada rambut kita. Cukup mengejutkan, bukan?

Demikian yang bisa saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wasalamualaikum warohmatuwlohi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar